Screen reader membaca teks arab di Android

   السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ===
Memenuhi permintaan sahabat yang menanyakan tentang bagaimana cara agar talkback atau shineplus selain membacakan teks biasa juga bisa membaca teks arab,

Ada 2 cara yang bisa dilakukan, pertama dengan menggunakan SmartVoice TTS
  (Baca Selengkapnya di sini)
dan yang kedua menggunakan Auto TTS yang akan dibahas dalam postingan ini.
Apa itu Auto TTS.....?



Auto TTS adalah sebuah aplikasi untuk mesin text to speech yang mampu mendeteksi bahasa input teks, sehingga keluaran suara TTS akan disesuaikan dengan bahasa input teks secara otomatis.
Auto TTS memiliki switching khusus mekanisme dengan fitur deteksi state-of-the-art bahasa otomatis dan membantu beralih ke yang sesuai mesin TTS menurut bahasa otomatis-terdeteksi input text.
Auto TTS sepenuhnya kompatibel dengan teks android standar untuk antarmuka berbicara dan dapat bekerja dengan aplikasi Talkback (screen reader), mesin TTS lain, pembaca web, pembaca ebook  tanpa problem.
Auto TTS menggunakan sistem text-to-speech engine untuk membaca. sehingga harus menginstal mesin TTS sesuai bahasa pilihan.

Nah, dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan tentang syarat utama agar android bisa membacakan teks arab tentu harus sudah terinstal mesin TTS yang mendukung bahasa arab.
Yaps tenang saja, yang penting kita sudah menggunakan mesinTTS VocalizerEx ataupun Smartvoice maka cukup dengan menambahkan data suaranya saja. Tambahkan data suara bahasa arab (ARW) didalam folder "VocalizerEx"
Selanjutnya setelah data suara bahasa arab selesai ditambahkan, mari lanjut ke tutorial berikut

Cara menggunakan Auto TTS:

1. Download dan Instal AutoTTS sesuai versi android

-Android 5 keatas

AUTO TTS 4.8.apk (4,79MB)

atau melalui link Google drive

 -Android Jelly bean

DOWNLOAD DISINI

2. Masuk aplikasi Auto TTS untuk memulai pengaturan

Pilih "Auto language detect" untuk mengaktifkan deteksi bahasa secara otomatis.

"select preferred language" untuk mengatur bahasa keluaran yang diinginkan, jika dalam kasus bahasa input teks tidak dapat dikenali/terdeteksi, Pilih saja Indonesia. 

Buka "Go to voice setting" untuk memilih jenis suara yang diinginkan dari pilihan bahasa TTS terinstal. Aktifkan suara arabnya, "select language:" pilih arab, kemudian "choose a voice for above language:" *disabled ganti menjadi vocalizerEx TTS ARE tarik atau yang lain.

setelah dipilih sekarang coba ketuk tombol "Test" untuk mendengarkan contoh suara yang dipilih. Jika contoh suara arabnya bisa terdengar silahkan keluar dari aplikasi AutoTTS, namun jika belum terdengar contoh suaranya coba restart Hp, nonaktifkan terlebih dahulu. kemudian aktifkan dan kembali masuk AutoTTS, buka "Go to voice setting",  ketuk lagi tombol "Test". jika masih belum bisa juga, coba cek kembali proses menambahkan data suara arabicnya.

3. Terakhir setelah langkah-langkah diatas sudah berhasil,Silahkan masuk ke setelan /pengaturan sistem / bahasa dan masukan / output text-to-speech) lalu pilih Auto TTS sebagai mesin pilihan. 

Selesai.....


Sekarang coba test apakah Auto TTS sudah bisa bekerja?

Silahkan buka pesan yang terdapat teks arab atau surfing di internet, cari halaman web yang memuat teks arab, contoh pada postingan ini juga saya awali dan akhiri dengan menggunakan teks arab.
Catatan:
Gunakan Auto TTS sesuai versi Android agar bisa bekerja lebih maksimal, untuk versi Jelly bean tidak tersedia tombol "Test", pastikan proses instalasi atau penambahan data suara arabic sudah benar.
sekian tutorial tentang cara teks arab terbaca oleh screen reader di Android, Semoga bermanfaat dan bisa dipahami
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
. Lokasi: Tangerang

3 komentar:

Komentari