Google Terjemahan dan Cara Menggunakannya



Aplikasi Google Translate sering saya gunakan untuk menerjemahkan kata/kalimat berbahasa inggris yang terdapat di semua aplikasi.
Misalnya saat mendapat pesan, chat, email, browsing ataupun menginstal aplikasi yang berbahasa inggris yang tidak saya tahu artinya. Dengan memanfaatkan fitur kopi/salin ucapan terakhir yang tersedia di talkback atau shineplus menjadikan lebih mudah untuk diterjemahkan ke bahasa indonesia.
Untuk menggunakan Google translate diperlukan koneksi internet, namun selain online aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan bahasa terjemahan offline untuk didownload sehingga tetap dapat digunakan meskipun sedang offline.atau tidak tersedia jaringan.
Cara menggunakan Google translate tanpa koneksi internet :
Instal Google Terjemahan melalui 
link Play Store di bawah ini

Buka aplikasinya > Buka samping Panel navigasi > Terjemahan Offline.
Pilih bahasa offline yang ingin ditambahkan.
contoh: menambahkan bahasa Indonesia, pilih "menambahkan file terjemahan offline Indonesia" lalu ketuk tombol unduh, proses unduhan akan berjalan.
(khusus bahasa inggris sudah tersedia otomatis saat menginstal aplikasi google translate).
Nah. jika bahasa Indonesia sudah selesai didownload
maka kita bisa melakukan translate bahasa Indonesia ke Inggris atau sebaliknya Inggris ke Indonesia secara offline.
Begitu juga untuk bahasa offline lain akan bisa digunakan setelah mendownload bahasa tersebut. jangan lupa atur terlebih dahulu bahasa sumber/bahasa asli dan atur juga bahasa tujuan/terjemahan yang diinginkan.
Selanjutnya untuk menerjemahkan kata/kalimat yang terdapat di aplikasi manasaja, caranya cukup salin kalimat yang ingin diterjemahkan. (untuk pengguna talkback atau shineplus bisa lakukan kopi/salin ucapan terakhir yang diucapkan talkback atau shineplus).
Setelah kata/kalimat tersalin, Icon google terjemahan otomatis akan muncul di sebelah kanan atas layar, ketuk icon untuk menerjemahkan maka aplikasi google translate akan terbuka dan kalimat yang disalin tadi akan langsung diterjemahkan.
Catatan :
Untuk menemukan icon terjemahkan gunakan dengan cara sentuh dan telusuri layar di bagian atas sebelah kanan menggunakan 1 jari, sebab sepertinya icon melayang ini tidak akan terbaca oleh talkback atau shineplus jika hanya menelusuri layar dengan cara usap ke kanan atau ke kiri.
Selesai...
Sekian tutorial singkat cara menerjemahkan berbagai bahasa menggunakan aplikasi google translate di android, semoga bermanfaat.
Salam!
Lokasi: Tangerang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentari